Mengapa Anda Butuh Jasa Desain Rumah?

Membangun sebuah rumah impian bukan perkara yang mudah.

Membangun sebuah rumah impian bukan perkara yang mudah. Banyak orang yang akhirnya harus mengeluarkan uang lebih dari budget yang mereka siapkan. Hal ini sering disebabkan karena perencanaan yang kurang matang. Mereka tidak tahu persis berapa anggaran yang harus disiapkan untuk mewujudkan sebuah rumah impian. Itulah mengapa Anda butuh jasa desain rumah.

Kami tidak hanya akan membuat gambar rumah yang akan Anda tinggali. Kami juga akan membantu Anda untuk mengetahui berapa budget yang Anda perlu siapkan. Selain itu, kami siap untuk diajak konsultasi. Kami akan membantu Anda mewujudkan rumah impian dengan budget yang Anda miliki.

Hal Yang Perlu Anda Siapkan Dalam Jasa Desain Rumah

jasa desain rumah

Sebelum menghubungi kami sebagai penyedia jasa desain rumah, kami perlu beberapa informasi dari Anda. Setidaknya, 5 hal berikut ini yang perlu Anda siapkan.

  • Menentukan Desain Rumah
  • Anda harus tentukan dulu desain rumah seperti apa yang Anda inginkan. Kebanyakan orang saat ini menyukai model rumah yang sangat sederhana. Ini sering disebut dengan desain rumah minimalis.Namun, tentu Anda tidak harus memilih desain rumah yang minimalis. Anda juga bisa memilih desain rumah yang lagi hit lainnya seperti gaya rumah kontemporer, mediteranian, dan Scandinavian.Anda bisa buat keputusan. Desain arsitektur rumah apa yang Anda inginkan terapkan pada rumah Anda nanti.

    Untuk mempermudah, kami juga menyediakan FORM ORDER DESIGN sebagai langkah awal dalam pengerjaan desain rumah.

  • Menunjukkan Gambar
  • Jika Anda tidak mengerti jenis-jenis desain rumah, Anda bisa tunjukkan gambar rumah yang Anda sukai. Kami akan langsung tahu desain rumah seperti apa yang sebenarnya Anda sukai.

  • Luas Tanah
  • Kami juga perlu mengerti berapa luas tanah yang Anda miliki. Ini menjadi salah satu faktor untuk menentukan desain dan tata letak ruangan. Selain itu, dengan mengetahui luas tanah, kami sebagai jasa desain rumah bisa memberikan masukan atau saran yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Jumlah Ruangan
  • Anda juga harus tentukan berapa jumlah ruangan yang Anda perlukan. Anda perlu melakukan perincian, mulai dari ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur, dapur, dan ruang lainnya.
    Jika Anda membutuhkan ruangan untuk bermain anak, taman, dan lain sebagainya, Anda sampaikan saja kepada kami. Kami akan memastikan semua ruangan yang Anda inginkan bisa dibuat di luas tanah yang Anda miliki.

  • Kemampuan Finansial
  • Budget seringkali menjadi masalah ketika seseorang ingin membangun rumah. Maka dari itu, kami sebagai penyedia jasa desain rumah sering diajak konsultasi. Setelah kami tahu rumah seperti apa yang Anda inginkan, lengkap dengan jumlah ruangan, kami akan melakukan penghitungan. Di sisi lain, kami juga bisa membuatkan sebuah desain rumah yang kami sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Setidaknya 5 hal tersebut di atas yang perlu Anda siapkan.

Memahami Beberapa Tipe Rumah

Di dalam dunia arsitektur, ada istilah tipe rumah. Ini menggambarkan luas area dan juga luas rumah yang akan Anda bangun. Dengan menyebutkan tipe rumah, penyedia jasa desain rumah akan langsung mengetahui rumah seperti apa ingin Anda inginkan.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tipe rumah yang perlu Anda ketahui.

  • Rumah Tipe 21/24
  • Rumah dengan tipe ini biasanya dibangun di area yang sangat kecil. Lebarnya antara 3 sampai 4 meter saja. Sementara ukuran tanah ke belakangnya sekitar 6 atau 7 meter
    Jika Anda hanya memiliki tanah dengan ukuran 3x7 atau 4x6 meter, tipe rumah 21/24 ini yang paling tepat.
    Karena ukuran rumah ini kecil, kemungkinan hanya ada dua ruangan, yaitu 1 ruang tidur dan 1 ruang tamu. Jadi, kami akan membuatkan denah rumah minimalis 2 kamar. Sementara itu, ruangan yang lain seperti dapur dan juga ruang makan biasanya terpisah, berada di sisa tanah di belakang rumah.

  • Rumah Tipe 36
  • Ini tipe rumah yang paling banyak dimiliki oleh pasangan muda. Rumah tipe 36 ini sudah sangat cukup untuk keluarga kecil.
    Rumah dengan tipe 36 ini bisa dibangun di atas tanah ukuran 6x6 meter. Di luas area ini, tepat sekali jika dibuatkan denah rumah minimalis 2 kamar, lengkap dengan ruang tamu, 1 kamar mandi, dan dapur. Biasanya, masih ada space di depan untuk dijadikan taman kecil atau carport.

  • Rumah Tipe 45
  • Sekilas tidak ada bedanya dengan rumah tipe 36. Rumah tipe 45 ini memiliki 2 kamar tidur. Hanya saja, ruangan bisa dibuat lebih luas. Selain itu, biasanya rumah dengan tipe 45 ini memiliki spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan tipe rumah 36.

  • Rumah Tipe 54
  • Anda ingin desain rumah sederhana 3 kamar? Jika itu yang Anda impikan, Anda bisa memilih rumah tipe 54.
    Rumah tipe ini bisa dibangun di atas tanah dengan luas 9x6 meter. Dengan luas tanah ini, sangat mungkin ada 3 kamar tidur yang luas di dalamnya. Tentunya dengan ruangan fungsional lainnya seperti ruang tamu, ruang tengah kecil, ruang makan, dan juga dapur. Biasanya, masih ada area terbuka di belakang di mana bisa digunakan sebagai tempat menjemur pakaian.

  • Rumah Tipe 60
  • Di kota-kota besar, sekarang banyak ditemui perumahan di mana rumah dibangun dengan tipe 60. Ini biasanya memiliki 4 kamar tidur; 3 kamar tidur utama dan 1 kamar tidur untuk asisten rumah tangga. Pasalnya, rumah dengan tipe 60 ini dibangun di tanah dengan luas 6x10 meter.
    Ada kemungkinan juga ada lebih banyak lagi kamar di rumah tipe 60 ini. Yaitu dengan membangun rumah lantai dua. Ini biasanya dipilih oleh orang yang ingin punya rumah mewah di area tanah yang tidak begitu luas.

  • Rumah Tipe 70
  • Jika Anda pernah lihat gambar rumah sederhana tapi terkesan mewah, ada kemungkinan itu rumah dengan tipe 70. Ini rumah di atas area 7x10 meter. Bangunannya biasanya dua lantai. Ada 4 kamar tidur besar di dalamnya.
    Dua kamar tidur biasanya ada di lantai dua. Oleh sebab itu, masih ada space di lantai satu. Space itu dibuat untuk ruangan santai lengkap dengan taman kering cantik.

  • Rumah Tipe 120
  • Ini termasuk tipe rumah mewah untuk daerah perkotaan besar. Sudah pasti rumah ini sangat luas. Area tanah yang digunakan saja biasanya 10x12 meter atau 8x15 meter. Belum lagi jika pemilik rumah meminta jasa desain rumah untuk membuatkan desain rumah lantai dua. Jumlah kamar tidurnya bisa sampai 5 kamar.

Dari beberapa tipe rumah tersebut, mana yang Anda akan pilih?

Kriteria Desain Rumah Minimalis

Sekarang ini, kebanyakan rumah dibangun dengan desain arsitektur minimalis. Setidaknya ada dua hal yang menggambarkan apa itu desain rumah minimalis; yaitu sederhana dan terbuka. Rumah minimalis itu desainnya sederhana dan tidak terlalu banyak sekat sehingga terkesan open space atau terbuka.

Jika Anda ingin memiliki rumah minimalis, Anda bisa meminta jasa desain rumah untuk membuatkan denah dan desain rumah dengan gaya arsitektur minimalis.

Banyak yang menganggap desain rumah minimalis itu terbatas. Orang bisa meniru desain rumah minimalis yang sudah jadi. Padahal tidak. Sebagai desainer rumah, kami berpatokan dengan kriteria dari arsitektur minimalis itu sendiri. Dengan demikian, kami bisa mewujudkan sebuah desain rumah minimalis yang berbeda-beda.

Setidaknya 5 kriteria atau ciri-ciri desain rumah minimalis. Ini yang kami jadikan patokan ketika melayani pesanan desain arsitektur rumah minimalis dari klien.

  • Desain Yang Tegas
  • Orang awam sering mengatakan bahwa desain rumah minimalis itu kotak. Di dalam dunia arsitektur, ini disebut dengan desain tegas. Bentuk kotak menunjukkan desain rumah tersebut tegas.
    Meskipun demikian, bukan hanya bentuk kotak saja yang membuat rumah terlihat minimalis. Penggunaan garis vertikal dan horizontal juga membuat kesan desain rumah tegas itu muncul. Dengan penggunaan garis seperti ini, kami sebagai penyedia jasa desain rumah bisa bebas mengekspolorasi. Sehingga desain rumah satu klien kami beda dengan desian rumah klien kami lainnya.

  • Open Space
  • Jika Anda masuk ke area interior rumah minimalis, maka ada ruangan yang terlihat terbuka. Konsep open space ini memang diterapkan dalam membuat desain interior rumah minimalis. Sekat antar kamar sangat diminimalisir. Contohnya saja tidak adanya sekat berupa dinding untuk membagi antara ruang tengah dengan ruang makan.
    Ini sebenarnya sudah bisa dilihat dari denah. Apalagi rumah dibangun di atas tanah yang tidak terlalu luas. Konsep open space ini akan sangat membantu agar rumah tidak terkesan sempit. Kebanyakan denah rumah minimalis 2 kamar dibuat sangat open space.

  • Tampilan Depan
  • Untuk rumah minimalis, biasanya ukuran jendela sangat besar. Apalagi untuk rumah yang tidak begitu lebar untuk bagian depannya. Jendela yang besar menghilangkan kesan bahwa rumah tersebut terlalu kecil.
    Jendela yang besar ini juga ada kaitannya dengan konsep open space di bagian interior rumah. Jadi, dengan penggunaan jendela yang besar, udara dan juga cahaya dari luar akan lebih maksimal masuk ke dalam ruangan.
    Bahkan, banyak rumah dengan desain minimalis yang bagian depannya terbuat dari jendela kaca yang besar. Ini konsep rumah minimalis yang paling disenangi oleh orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan.

  • Pemilihan Warna
  • Setiap jasa desain rumah pasti tahu warna apa yang cocok untuk desain rumah minimalis. Warna yang tegas dan tidak terlalu banyak variasinya. Ini menjadi kunci utama yang bisa menegaskan kesan minimalis.
    Memadukan lebih dari 3 warna tidak begitu disarankan. Perpaduan dua atau tidak warna sudah cukup. Itupun harus dipertimbangkan warna-warna yang akan dipadukan.

  • Atap Yang Cenderung Datar
  • Hampir semua rumah minimalis memiliki atap yang hampir datar. Ini bukan hanya dipengaruhi oleh desain. Pada awalnya, desain rumah minimalis ini dibuat untuk menghemat budget pembuatan rumah. Hal tersebut bisa dilakukan salah satunya dengan cara membuat atap nyaris datar. Ini sangat mengurangi biaya untuk pembelian bahan material atap seperti kayu dan genteng.

Jika kelima kriteria tersebut terpenuhi, rumah Anda akan terlihat begitu minimalis. Sebagai jasa desain rumah, tugas kami adalah memaskimalkan area tanah yang ada dan mewujudkan desain rumah minimalis sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biaya Untuk Jasa Desain Rumah

Banyak yang salah sangka. Mereka tidak ingin bekerjasama dengan desainer rumah dengan alasan penghematan.

Sekilas memang benar. Karena mereka tidak perlu membayar jasa desain rumah.

Akan tetapi, pada kenyataannya berbeda. Ketika pembangunan rumah tidak direncanakan secara matang, maka biaya pembangunan rumah membengkak. Budget yang sudah disiapkan pun menggelembung.

Maka dari itu, sangat bijak jika Anda bekerjasama dengan penyedia jasa membuat desain rumah. Kami tidak hanya akan menggambarkan bentuk rumah Anda. Dengan mengetahui
desain rumah, Anda akan tahu berapa budget yang Anda perlukan. Bahkan, Anda bisa membuat perencanaan tahapan pembangunan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Dan sebenarnya biaya jasa desain rumah itu tidaklah mahal. Setidaknya ada dua cara yang digunakan untuk menentukan biaya jasa desain rumah.

Yang pertama prosentase. Kami akan membuatkan desain rumah sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian, biaya yang kami terima ditentukan pengeluaran untuk membangun rumah tersebut.

Yang kedua, biaya per meter persegi. Dengan cara penghitungan ini, Anda hanya perlu membayar sesuai dengan luas bangunan. Ada biaya per meter persegi pembuatan desain yang sudah ditentukan. Dan total biayanya sesuai dengan luas area rumah Anda.

Yang pasti, membangun rumah itu tidak boleh sembarangan. Harus ada perencanaan yang matang. Dan ini bisa dilakukan ketika Anda tahu bagaimana denah dan juga desain rumah impian Anda. Dengan cara inilah Anda tahu berapa kisaran biaya pembangunan yang harus Anda siapkan.

Silakan Anda hubungi kami. Kami siap menjadi desainer dan juga konsultan pembuatan rumah Anda. Kami akan membantu mewujudkan rumah impian Anda dan keluarga.