Tahapan Dalam Renovasi Rumah yang Harus Diperhatikan

|

Renovasi rumah memakan waktu yang tidak sebentar terutama dalam proses persiapannya. Sementara untuk anggaran bisa bervariasi tergantung lokasi, jumlah lantai dan material yang dipilih.

Renovasi rumah adalah hal yang melelahkan karena membutuhkan ketelitian. Ada tahapan yang mesti dilalui ketika kita ingin menciptakan suansa rumah yang baru. Tahapan ini tidak selalu sama antara satu rumah dan rumah lain, tergantung bagian mana yang ingin diubah.

Namun, tahapan ini tetap penting untuk dipikirkan, karena akan mempengaruhi besar biaya renovasi rumah yang mesti dikeluarkan.Tidak jarang perhitungan dan rencana yang salah dapat membuat proyek rumah impian gagal. Mulai dari model rumah, bahan material yang dipilih hingga kontraktor yang akan mempengaruhi biaya dan juga timeline kerja.

Penting untuk mengikuti tahapan proses renovasi rumah agar pengeluaran selalu on-track bahkan kalau perlu dapat lebih rendah dari perkiraan. Sehingga sisa anggaran dapat Anda gunakan untuk kebutuhan lain salah satunya membeli premi asuransi properti. Pasalnya, produk asuransi ini sangat menjamin finansial Anda jika terjadi risiko buruk yang menimpa, seperti kebakaran, perampokan dan banjir.

Proses Renovasi Rumah

Karena proses merombak rumah membutuhkan perhatian khusus, sebaiknya catatlah setiap langkah yang mesti dilakukan. Tetapkan panduan mana yang ingin Anda ikuti dan agar tidak salah langkah ikuti tahapan proses renovasi rumah di bawah ini.

Merencanakan Proyek Renovasi Rumah

Langkah pertama dalam proyek renovasi rumah adalah mengembangkan rencana termasuk merancang inspirasi dan garis besar pekerjaan yang perlu diselesaikan.

Rencana proyek Anda juga harus mencakup:

  • Cetak biru atau sketsa proyek Anda yang sudah selesai.
  • Daftar kebutuhan dan keinginan untuk proyek Anda.
  • Langkah-langkah proyek dibagi menjadi langkah-langkah DIY dan langkah-langkah yang akan membutuhkan profesional.

Pada titik ini dalam merencanakan renovasi rumah, selidiki peraturan dan izin zona setempat. Pastikan lingkungan Anda memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan jangan lupa untuk mengurus perijinan dengan aparatur setempat, seperti ketua RT dan RW agar tidak ada yang merasa terganggu saat masa pembangunan berlangsung.

Lakukan langkah ini  6 hingga 12 bulan sebelum Anda ingin memulai proyek Anda

Tetapkan Anggaran Proyek

Langkah selanjutnya ketika merencanakan renovasi rumah adalah menentukan anggaran yang harus mencakup biaya untuk izin dan bahan bangunan, biaya tenaga kerja dan biaya dekorasi atau sentuhan estetik lain.

pertimbangkan hal ini saat menentukan anggaran:

  • Putuskan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan dan selesaikan. Sisihkan setidaknya 10% dari anggaran Anda untuk biaya tak terduga.
  • Minta taksiran biaya dari para profesional.
  • Harga semua bahan yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Background Putih Adalah Pilihan Terbaik

Jika perkiraan biaya Anda tidak sesuai dengan anggaran Anda, gunakan rencana proyek perbaikan rumah Anda dari langkah pertama untuk menghilangkan elemen-elemen proyek yang memiliki prioritas lebih rendah. Minta taksiran biaya dari berbagai kontraktor untuk menemukan opsi terbaik untuk anggaran Anda.

Lakukan langkah ini 3 hingga 6 bulan sebelum memulai proyek Anda.

Sewa Kontraktor

Langkah selanjutnya adalah memilih kontraktor, Jangan memilih kontraktor Anda berdasarkan perkiraan biaya saja. Saat mewawancarai dan memilih kontraktor Anda, pertimbangkan juga:

  • Pengalaman: Seorang kontraktor yang sudah lama berbisnis punya kredibilitas lebih baik daripada yang baru mengenal bisnis ini.
  • Lisensi kontrak: Pastikan kontraktor Anda telah melalui semua langkah yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi yang diperlukan khusus untuk bidang pekerjaan mereka.
  • Sertifikat asuransi: Kontraktor harus memiliki kompensasi pekerja dan asuransi pertanggungan untuk jenis pekerjaan yang mereka lakukan.
  • Referensi: Permintaan dan referensi panggilan. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan kontraktor Anda tidak hanya bagus di atas kertas namun terbukti dengan hasil kerja nyata
  • Jadwal pembayaran: Kontraktor terkemuka tidak akan meminta Anda membayar harga penuh dimuka. Namun, penting untuk membahas persyaratan pembayaran sebelum konstruksi dimulai.

Jika Anda mempekerjakan beberapa kontraktor untuk satu pekerjaan, tentukan siapa yang bertanggung jawab sebelum proyek dimulai.

Lakukan langkah ini 2 hingga 3 bulan sebelum proyek berjalan.

melakukan renovasi rumah

Buat Timeline Kerja

Setelah Anda memiliki anggaran dan tim pekerja, saatnya untuk menyusun timeline Anda. Pertama, pilih tanggal mulai yang diinginkan, atau jika Anda berharap untuk menyelesaikannya pada tanggal tertentu, gantinya mundur dari tanggal itu. Diskusikan bersama kontraktor Anda untuk menentukan lamanya waktu yang dibutuhkan oleh setiap bagian dari proyek. Diskusikan langkah-langkah mana dari perombakan yang perlu diselesaikan terlebih dahulu, berapa lama waktu yang dibutuhkan dan bagian proyek mana yang dapat diselesaikan secara bersamaan.

Selain itu, pastikan timeline Anda:

  • Termasuk waktu untuk membersihkan area proyek.
  • Waktu pengiriman bahan.
  • Gunakan kalender untuk menandai setiap langkah proyek. Tetapkan tanggal penyelesaian yang mencakup waktu tambahan untuk masalah yang tidak terduga. Konfirmasikan dengan kontraktor atau anggota tim Anda bahwa timeline harus diikuti

Lakukan langkah tersebut selama tiga bulan sebelum proyek berjalan.

Renovasi

Setelah perencanaan proyek selesai dibuat, saatnya untuk menyiapkan ruang dan membuat rencana untuk menghindari penggunaan ruangan saat sedang dibangun.Apakah Anda harus tinggal di rumah Anda selama konstruksi tergantung pada pekerjaan apa yang sedang dilakukan. Berencana melakukan pekerjaan besar ke dapur Anda? Bangun tempat sementara untuk memasak, makan, dan singkirkan semua hidangan dan peralatan kecil Anda.

Merenovasi kamar tidur utama? Buat pengaturan kamar tidur baru dan temukan tempat untuk menyimpan furnitur Anda. Jika Anda merencanakan renovasi seluruh rumah, Anda mungkin bisa menyewa rumah disekitar untuk ditinggali. Lakukan proses pindahan ini beberapa pekan sebelum renovasi rumah dimulai.

Biaya Renovasi Rumah

Biaya Renovasi Rumah

Sedang mencari tahu kisaran biaya renovasi rumah? Begini gambarannya:

Biaya Tenaga Kerja

Anda bisa memilih sistem pembiayaan tenaga kerja antara harian atau borongan. Rata-rata untuk pekerja Jabodatek sistem harian biayanya sekitar Rp 125ribu-Rp 150 ribu/hari.  Sementara untuk sistem borongan sekitar Rp 600.000 hingga Rp 800.000 per meter persegi.

Biaya Material/Bahan Bangunan

Ini menyangkut biaya total bahan bangunan yang diperlukan selama renovasi. Jika menggunakan sistem borongan penuh, biaya jasa dan material sudah termasuk didalamnya jadi Anda tak perlu  pusing menghitungnya lagi.

Namun harga material ini akan mempengaruhi gradenya. Semakin murah biaya bahan bangunan semakin rendah kualitasnya. Untuk grade B ke A secara kasar biaya renovasi memakan sekitar Rp 2.500.000 hingga Rp 4.000.000 per meter persegi.

Baca juga: Jenis-Jenis Material Plafon Rumah dan Cara Memperbaikinya

 Biaya Pendukung

Dalam perencaan anggaran proyek juga ada biaya tambahan, fungsinya sebagai cadangan untuk biaya-biaya tak terduga misalnya ganti desain rumah atau mengganti pekerja. Karena itulah ketika menyusun anggaran renovasi rumah tambahkan 10% dari total biaya yang sudah dihitung.

Itulah beberapa informasi penting mengenai langkah dan biaya renovasi rumah. Persiapkan dana yang dibutuhkan dan jangan ragu untuk mencari banyak pilihan kontraktor untuk mendapatkan harga paling sesuai.



© 2020 AuraASri Architect. All rights reserved. Powered by AuraAsri Architect.